Friday 13 July 2012

Persyaratan menikah dengan orang Turki di Indonesia

Subhanallah... begitu banyak sekarang para GELIN (bride) yang datang dari Indonesia hijrah ke Turki. Dulu pas aku datang ke Turki baru menemukan beberapa orang di kota anu dua orang, di kota itu satu orang, di kota timur tiga orang, walaupun sebetulnya memang ada juga yang sudah lama tinggal di Turki tapi baru kenal beberapa orang aja, itupun baru ketahuan pas aku udah kesini dan berkenalan dengan mereka baik itu di FB atau Ym-an. Dan sekarang masya Allahhhh.... kayaknya hampir tiap kota Turki selalu ada perwakilan gelinnya deh. 


Tapi ternyata nggak berhenti sampai disitu saja, dari waktu ke waktu ternyata makin bertambah euy... dan bahkan yang menemukan blog aku ini (almost) selalu ada yang nanya bagaimana cara atau persyaratan menikah dengan orang Turki dan pernikahannya di Indonesia B-). Karena biasanya yang bertanya seperti ini mereka punya LDR (Long Distance Relation) dengan calonnya di Turki, dan bisa jadi salah satu orangnya adalah yang baca blog ini... Yes, probably is it YOU?! hehehe :-). Well, welcome to the Indo-Turk Gelin World.


Jadi untuk menghemat waktu dan juga untuk sharing informasi bagi yang memerlukan, aku catat dan ulas sedikit ya tentang persyaratan menikah dengan orang Turki di Indonesia. Aku catat sesuai dengan step by step yang kami alami dulu ketika menikah di Bandung awal tahun 2008... dan kemungkinan ga akan jauh beda dengan kota lainnya. Insya Allah... Untuk pendaftaran/persyaratan di KUA silahkan tanyakan ke kantor KUA langsung ya :-D. Step di bawah ini pun di luar dari urusan Visa di doi ke Indonesia, katakanlah si Doi sudah memiliki visa untuk masuk ke Indonesia. So, step berikutnya yang harus di siapkan adalah...



1. Si doi harus bawa selembar kertas dari MUHTAR atau sejenis kelurahan di kota dia. Kalau ga salah namanya Nüfüs Aile Kağıt semacam kartu keluarga versi Turki yang membuktikan bahwa Doi benar-benar masih berstatus single. Kertas ini yang nantinya akan di bawa ke Indonesia.


2. Ketika datang ke Indonesia, usahakan mampir ke kedutaan Turki di Jakarta Jln. Rasuna Said dan temui staff orang Turkinya langsung untuk menyerahkan surat Nüfüs Aile Kağıt tadi. Si Doi ngobrol aja sama ke staf tersebut kalau doi mau menikah sama orang Indonesia dan minta di terjemahkan untuk persyaratan ke KUA. Nanti staff kedutaan Turki akan memberikan sebundel kertas dalam bahasa Indonesia yang menyatakan bahwa si Doi benar-benar single, di tandatangan dan di cap sama kedutaan. Bundelan dokumen itu nanti di kasih ke KUA. Kalau pas aku waktu itu prosesnya hanya sehari kalau ga salah, kita bilang ke mereka kalau kita dari luar Jakarta jadi minta di proses saat itu juga. Pagi menyerahkan kertasnya, siangnya kembali ke kedutaan untuk ambil dokumennya.




3. Setelah urusan KUA selesai dan pernikahanpun sudah di laksanakan... alhamdulillah akhirnya syah jadi suami istri ya!!! Eitttt... jangan senang dulu dan jangan lupa mampir lagi ke kedutaan Turki, bisa juga sekalian buat visa untuk ke Turki nanti. Si Doi harus lapor diri dan bawa buku nikah versi KUA plus fotocopynya ke kedutaan, nanti kedutaan akan lapor ke pusat dan update status si Doi ke database pemerintah Turki klo si Doi sudah menikah! Trus minta surat keterangan lagi dalam bahasa Turki (nama suratnya aku lupa lagi) dari staff Turki-nya untuk mengurus buku nikah versi Turki (aku sih bilangnya "red book") ketika kamu dan si Doi sudah sampai di Turki nanti. Jadi nanti kita akan punya dua buku nikah, versi Indonesia dan versi Turki.







4. Step selanjutnya tinggal persiapkan mental untuk melangkah dan mengayomi rumah tangga bersama "orang Turki" pilihan kamu :-). Biasanya wanita Indonesia yang menikah dengan orang Turki pasti akan di boyong ke Turki, jadi ada beberapa tips dan list yang bisa aku sarankan untuk kamu siapkan dan dibawa ke Turki nanti... klik aja tulisanku yang satu lagi ya.


That's all folks.... semoga bermanfaat dan Barakallah... semoga menjadi keluarga yang SAMARA (SAkinah MAwadah wa RAhmah). Jika ternyata ada yang kurang atau ada yang kelewat kasih tahu ya... bisa by pm atau komen di sini. Thanks ^_^.

53 comments:

aRiN said...

Alhamdulillah..
thanx buat info nya mba..

btw aq bs minta ym/fb biar lebih enak tanya"nya?
heheee

iis - safiye said...

Sama-sama Arin... semoga bisa membantu informasinya. Silahkan search aja namaku di fb iis arslankaya :-). Kalau bisa kasih PM aku dulu ya...

Unknown said...

thanks buat infonya

Anonymous said...

haha gue kenal orang turki banyak banget! ><

Unknown said...

Thanks untuk infonya.. Sangat bermanfaat banget buat aku.

Unknown said...

Waaaahhh..
Pas banget..
Makasih informasi'a mbak..
Accept yah fb q mbak, Luciana Zonarni
Biar enak sharing'a..
Makasih... :)

Bintan Maharani said...

tesekkur ederim mbak..infonya brmanfaat bgt.
aq add d fb yak!
-bintan-

Anonymous said...

Mb, bener gag sich klo cewek indo nikah ma cowo yg asli turki ntar tu cewek harus ngasih keluarga cowok 10000 USD gto sebagai hadiah ato apa gto ?

iis - safiye said...

For all who give comment... your are welcome, semoga bermanfaat informasinya ya.

Tentang pertanyaan hadiah 10.000 USD. Sepengetahuan saya, dan berdasarkan pengalaman pribadi dan teman-teman yang ada disini kayaknya ga ada yang pernah ngasih hadiah ke keluarga cowok sebesar 10rb USD. Yang ada bukannya pihak laki-laki harus ngasih hadiah dan harus ngasih mahar. Jumlah dan nilainya di sesuaikan kemampuan pihak laki-laki. Wallahu alam bishawwab

Unknown said...

kalo nikahin cewek turki susahgak/??????????

Rahmawaty Kadir said...

Assalamu alaykum mba,Salam kenal mba, blognya sangat informatif. InshaAllah saya mau menikah dengan Azerbaijan-Turki selepas Ramadhan nnti di Indonesia. Berhubung saya tidak di tanah air, pusing juga soal persyatan menikahnya, soalnya hanya baca lewat net. Si abi malah tenang2 aja. duhhh..

Anonymous said...

Assalamualaikum Mba :d Salam kenal ya. Aku Ney.
Kalau boleh tahu dari mba dan teman-teman Indonesia yang menikah dengan lelaki Turki, mahar yang diminta sejumlah apa? Dan hadiah apa yang diberi lelaki ke keluarga perempuan?

Bener ga Mba, di Turki perempuannya ga berbulu? Kalau di sini kita ga terlalu aware ya soal bulu-bulu halus di sekitar bibir atas atau tubuh.Boleh ceritakan pengalaman Mba di sana tentang perempuan Turki?

Sekian dulu Mba.

Salam,
Neney

Annisa Anggraeni said...

Assalamualaikum.
Alhamdulillah bermanfaat sekali kak, apalagi yang sedang menjalin LDR dengan pria asli Turkey :')
Kakak aku sudah nge-add kakak di facebook takut kalau mau tanya-tanya, mohon di accept ya kak. Terimakasih :)

iis - safiye said...

Reply:

@Alamsyah Hamzah: nikahin cewek turki susah enggak nya tergantung dari kedua belah pihak. Saya kenal ada dua pasangan laki2nya indo dan ceweknya turki.

@Rahma: wa alaykumsalam wr wb Rahma. Salam kenal juga. Semoga prosesnya di lancarkan ya.

qNeney: Wa alaykumsalam wr wb. Salam kenal juga neney. Untuk mahar tergantung kemampuan dari pihak laki-lakinya, tinggal di kompromikah aja mana yang terbaik buat kedua belah pihak. Tentang wanita berbulu, justru sebaliknya wanita turki kebanyakan banyak yang berbulu, karena disini daerah dingin dan 4 musim ya, mereka justru rajin mencukur bulu mereka bahkan ada juga yang di operasi untuk mengilangkan bulu yang tidak di menyamankan buat mereka.

@Annisa Anggraeni: Wa alaykumsalam wr wb. Sama-sama nisa, sip kayaknya sudah di accept pertemanan di fb.

Unknown said...

Assalamu'alaikum
Mbak Iis... Saya Tika, Insyallah saya akan menikah akhir bulan Oktober atau awal bulan November dengan pria Turki, terima kasih info di blog mbak, sangat bermanfaat sekali untuk saya,

Setelah menikah Insyallah saya akan menetap di Istanbul, kalau mbak tidak keberatan, bolehkah saya minta contact handphone mbak, Insyallah saya dan abi saya berencana silaturahmi ke tempat mbak,

ini email saya ticha_27potter@ymail.com saya tunggu email dari mbak mengenai no handphone mbak,

tesekkur ederim

Tika

Anonymous said...

Assalaamualaikum, salam kenal mba :) Aku add on fb, tolong diaccept ya mba. Cok tesekkur ederim :)
Yani

Unknown said...

Assalamu'alaykum... Salam kenal mba, alhamdulillah tulisan mba sangat bermanfaat, mba bolehkah saya minta account fb mba? Trimakasih

Kurnia said...

Assalamu'alaikum mba Iis, terima kasih untuk informasinya. Informasi ini bermanfaat juga untuk saya. Saya tertarik untuk bertanya lebih lanjut tentang pernikahan Indonesia-Turki di Indonesia. Saya add FB mba Iis juga ya.. :-)

Mohon bantuannya, mba Iis. Cok tessekuer ederim n__n

Unknown said...

assalamualaikum.. thanks buat postingannya mbak,,sanga membantu untuk menimbang buat kedepan.. add fb saya ya mbak,,saya sudah PM mbak.. neetha mahraj
salam kenal ya mbak..

aryn said...

Mba sy coba email mba tp tdk bs. Apa mba ada email yg lain yg bs sy hub?
Sy mau bertanya tp via email. Blh ya mba
Trimakasih sebelumnya

Unknown said...

Assalamualaikum...mbak saya mau menikah di turkey...tapi saya masih bingung surat2 yg harus saya bawa kesana.terus calon suami saya bilang satu atau 2 hari setelah sampai diturkey kita akan langsung menikah.tapi yg saya baca, kita tidak boleh nikah dulu sebelum melaporkan rencana nikah ke kbri indonesia di turkey...terus surat apa yg harus calon suami saya berikan agar pengurusan surat saya di indo lancar...mohon infonya ya mbak..tksih

Unknown said...

maaf mbak,
sy mau tanya sdikit, calon abg ipar sy org turky, dia sudah pisah rumah dgn istrinya tp blm ada surat cerai...
dia berencana menikah dgn kk sy,
gmn kalau dia blm ada surat cerai ya mbak?
kalau menikah secara agama sj dulu di indonesia ada masalah nantinya atau nggak dgn pemerintahan kita ya?

NaVaZ CollecTion said...

Assalamualaikum mba, makasih infonya manfaat bangt. Sy udah add fb nya tolg di accept ya. Sy baru mengenal pria turki 3 minggu ini, insha allah awal juli ini kami mw ta'aruf.
Selamat utk semua teman2 yg menemukan jodohnya pria turki. Utk yg masih LDR semoga segera dihalalkan. Kalo ga keberatan teman2 tolg add fb sy ya utk menjalin silaturahmi kita. Ini fb sy. Wiwien love canthya. Makasih ya teman2

Jannah said...

assalamualikum, ka boleh tanya gak , pria turkey itu bgaamna ? aku punya pacar oarang turki , awalnya cuma kenal di fb , dia add aku dluan , dia bilang dia suka sama aku , dan kmudian kita pacaran . dia bilang mau nikah sama aku , tapi aku tidak begitu percaya ,
menurut kk pria turki itu gmna sih ?

Unknown said...

tesseku edirim :) really speachless baca blog ini , mikir mikir lagi buat diboyong kesana haha , tapi setelah aku baca dari mulai karakter org turki ternyata benar sekali sesuai kaya doi ku hehe .

Unknown said...

Hudang euy...

Unknown said...

Assalammualaikum ... salam kenal mbak Iis .
Terima kasih informasinya sangat bermanfaat. saya kirim ke email kok tidak bisa ya ... mau ngorol nih mbak hehe

Unknown said...

Salam'alaikum MBA Iis
Alhamdullilah subhanallah MBA Iis saya menemukan blog yg saya cari guiding how To married with turkish peoeple To Indonesia.
Insya Allah saya dalam wkt dekat ini si doi akan datang ke Indonesia. Kita sedang discuss Parepare kelengkapan doc requirement persyaratan untuk menikah di Indonesia. Please sangat MBA di accept yah MBA fb saya "al-minda" dan please sangat MBA What apps ke saya untuk Detail panduan lengkap ke saya MBA :
+6287882778220
Saya tunggu yah MBA Iis.
Terima masih yah MBA salam'alaikum

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

kalau cowok kok agak sulit yaa dapet perempuan turki?
ada saran gak buat saya
www.greenleafindonesia.co.id

alfadany said...

kalo kita ni cowo indo mau nikah sama orang turki ,, gmn ya ada tips ga ,, tw barangkali ada kenalan ,,?

Unknown said...

Assalamu'alaikum, teh..
Blognya luar biasa informative yaa..terima kasih :)

Saya Yanti dari Bandung juga teh.. Mau ngobrol banyak dong... Accept aku di fb ya teh... Makasih 😄

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
alaika said...

Hai Mba, Salam kenal yaaa.
Tadinya browsing tentang film turki yang sedang tayang di TV Indonesia, eh malah si mbah google membawaku ke sini. Ya sudah deh, sekalian baca2 dan say hi deh sama pemilik blog ini.
Sayang wkt aku main ke Turki belum kenal nih sama Mba Iis. :)

Unknown said...

Thanks ka infonya :)

Unknown said...

Jadi mudah nda sihh mba nikah sama orang turki.... and mba kenal dengan dia lewat apa.. aku juga punya planning nikah dengan orang turki 2017 insaallah

Unknown said...

Pas ke kedutaan saya harus ikut....??? And saya bwa apa aja.... apa pas kesana cuma mnta terjemahan mau nikah dengan orang indonesia

saya siti rokhani mohon di jawab yah

Unknown said...

Waaaahhh... bagus bgt blognya mba.. ternyata dokumen u menikah di indonesia tidak serumit menikah dgn pria dr negara eropa lainnya.. pria turki yg ingin menikah di indonesia tidak trll byk menyiapkan dokumennya. Aku saat ini sdg LDR dgn cwo turki mba.. boleh minta fb ato YM g mba...mau sharing nih... :)

Fem said...

Assalamualaikum mba saya insha Allah mau menikah dengan wn turki. Kami kenal saat kami masih stay di malaysia. insha Allah kami mau menikah di kl malaysia juga. itu persayaratannya menikah di kl sama ga ya kaya persyaratan menikah di jakarta. JazakAllah

Zahid Hamidi said...

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...






Unknown said...

Mba aku di ajakin nikah sama orang Turki. Tapi dia g ngerti bahasa Indonesia dan aku g ngerti bahasa Turki. Baru belajar dikit2 doank. Gimana ya mba? Minta sarannya.

Unknown said...

Assalamualaikum mba, salam kenal.
Saya nia asal dari medan, saya juga lagi pacaran sam wn turky, kenal melalui fb dan doi ngadd smua sosmed saya, dia kirim ktp nya, poto ibu nya, kakak, adik, abg. Dan pekerjaan nya tentara, nah doi mau jenjang lebih serius, katanya doi mu ke indonesia untuk berkenalan sm saya dan keluarga lalu membawa saya ke turky untuk menikah. Nahh yang jadi pertanyaan saya nikah nya tentara turki apa sama ya dengan nikah nya tentara Indonesia untuk menikah kantor di turki.? Saya galau bangget ni.. Bingung mb, ada yang punya masalah sama dengan saya. Cb wa ya biar share 085276660962 (nia)
Maturnuhun.
Wsslm wr wb

Unknown said...

Hallo.. salam kenal ya q Neva. Cwok q jg jandarma pasukan khusus militer. Katanya klw militer susah untk pergi k luar negeri. Apa benar mbk?

layanglayangkatablogspot. com said...
This comment has been removed by the author.
layanglayangkatablogspot. com said...

Assalamualaykum Mba @rahma salam kenal, saya Riyanti, saya lagi dekat dengan Azerbaijan-Turki, boleh minta alamat sosial media atau kontak Mba? Ada yg mau saya tanyakan hehe terimakasih :)

Anonymous said...

assalamualaikum ,saya ita ..saya lagi dekat orang turki dia seorang dud dan katanya ingin serius ..mbak boleh minta kontajknya mba/soalnya saya masih bingung dengan syarat syarat pernikahannya

Unknown said...

bisa minta no kontaknya kak

Unknown said...

bisa minta no kontaknya kak

Unknown said...

Saya msh galao nih teh tentang persyaratan nikah dg org turki kalo boleh minta no kontak nya tth atuh sami sami ti bdg

Unknown said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, mbak saya ingin tanya bagaimana caranya agar cepat bisa berbahasa Turki? Saya tidak ada basic dan orang turki juga tidak bisa berbahasa Indonesia, dan saya akan belajar bahasa Turki dimana tempat les bahasa turki di Medan;( saya sudah cari tidak ada

Unknown said...

Assalamualaikum, mbak Medan dimananya? Saya juga dimedan dan. Juga ada rencana me ikan dengan lelaki turki

Unknown said...

Assalamualaikum, mbak Medan dimananya? Saya juga dimedan dan. Juga ada rencana me ikan dengan lelaki turki

Unknown said...

Hai chania, apa sekarang kamu masih berpacaran dgn tentara turki ?