Friday 20 July 2012

List dan tips apa saja yang harus di bawa ke Turki

Sehubung dengan tulisanku sebelumnya tentang persyaratan nikah dengan orang Turki... for now my posting will share about some of tips and list what you should take when you will go to Turkey. Sudah sah menikah dengan orang Turki sudah pasti dong sang istri harus di bawa ke kota suami. Nah sebagai informasi juga kalau di turki walau segala serba ada tapi ada juga yang tidak ada. List yang aku sebutkan ini di luar dari dokumen penting, passport, ijazah segala sesuatu yang bersifat pribadi which is the important thing you should take with. Aku coba persingkat dan list satu satu deh ya sesuai dengan pengalamanku selama berasa disini...


1. Rice Cooker, dalam bahasa turkçenya pilav makinası. Walau sudah masuk ke Turki tapi tetefff harganya aje gile aja klo di bandingkan harga di tanah air. Pajaknya itu bowww... Beras juga ada disini walaupun harganya berbeda dan jenisnya pun berbeda-beda. Makanan dasar orang Turki adalah gandum atau terigu, tapi almost hampir setiap hidangan makanan utama orang Turki adalah R-O-T-I, nasi pun kadang-kadang di hidangkan tapi dengan cara memasak yang berbeda. Cari aja di search engine dengan keyword turkish pilav. 

So, kayaknya lebih hemat bawa dari indonesia aja... nanti ketika pas check in di airport bilang ke staff penerbangannya kalau ini rice cooker, mereka akan kasih stiker tanda barang pecah untuk dus rice cooker jadi orang bagian baggage nya akan hati-hati untuk menata barang kita.




2. Bumbu /rempah-rempah. Enaknya sih bawa bumbu-bumbu rempah yang sudah instant dalam kemasan (bumbu opor, bumbu sayur asam, bumbu rendang, dsb), tapi kalau mau bawa bumbu asli (sereh, pala, jeruk limau, pandan, terasi, dll) pun ga apa-apa sih asal di bungkus rapat dan rapih supaya ga bau di dalem koper. Bagi yang suka makanan daerah, seperti asin, pempek, rendang dsb mending bawa stoknya dari Indo juga. Tapi kalau untuk jajanan pasar atau makanan khas Indonesia lainnya (bugis, nagasari, kue basah, dll) kita bisa bikin di sini dengan catatan kita harus belajar resep dan cara masaknya dulu di Indo, atau nanti bisa explore sendiri resep-resepnya di website yang sudah tersebar banyak di internet dan praktek langsung dsini.



3. Buku. Bagi yang suka hobi baca atau yang punya buku pegangan hidup khusus, kayaknya harus layak di bawa dari tanah air. Sudah pasti di toko buku sini ga ada yang jualan buku bahasa Indonesia :-D, dalam bahasa Inggris juga ada tapi jarang. 



4. Baju. Saranku bawa baju dari Indonesia sedikit aja karena hanya bisa terpakai sebentar pada saat musim panas aja. Oh ya bawa juga baju daerah asal kota kamu seperti kebaya, baju bodong atau baju lainnya. Jadi kalau ada event tertentu kita bisa pakai baju khas daerah kita beserta aksesuarnya untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke orang sekitar. Karena di Turki ada 4 musim, jadi baju untuk musim dingin (winter), spring (musim semi) atau autumn (musim gugur) bahan dan gaya baju kita juga akan berbeda dengan musim panas (summer). Dan ketika pergantian musim kita harus siap packing bongkar baju, masukkin dan keluarkan baju sesuai dengan musimnya. 

5. Alat-alat elektronik praktik yang biasa di gunakan sehari-hari. Entah itu Laptop, MP3, camera digital, video recorder... dll yang bisa kamu bawa atau masukkan ke dalam koper. Karena harga alat elektronik di turki bisa 2x lipat dari harga di tanah air. Khusus untuk HANDPHONE, alangkah lebih baik beli disini saja, karena setiap handphone dari luar harys di daftarkan dan bayar pajaknya, dan untuk tahun ini (update 2024) harga pajaknya sangat fantastis. HP yang di bawa dari luar Turki bisa di gunakan bersamaan dengan kartu operator Turki sekitar 1-2 bulan, setelahnya tidak akan bisa aktif lagi karena harus di daftarkan IMEI dan bayar pajaknya.


6. Obat-obatan khas Indonesia. Buat yang punya masalah kesehatan khusus misalnya butuh minyak kayu putih atau minyak telon, alangkah lebih baik bawa dari indo aja karena di Turki ga ada minyak tersebut. Kalau mau bawa botol besar sekalian, tapi dengan catatan di masukkan ke koper bagasi dan botolnya harus di bungkus plastik dengan rapi dan rapat (just in case kalau bocor jadi ga kena ke barang lainnya). Kalau mau di bawa ke hand bag harus botol kecil sekitar 50-150 ml (itu aturan standar maskapai pesawat penerbangan, ga boleh bawa cairan melebihi 150 ml untuk handbag)




Emhhhh apa lagi ya??? Yang aku sebutkan di atas hanya sebagian kecil aja yang memang penting untuk di bawa for long stay in Turkey. Kalau masih ada yang kurang atau ada yang mau nambahin nanti tinggal di edit lagi deh. Selamat jalannnn bagi yang akan pergi ke Turki ^_^. Iyi yolculuklar!!!

9 comments:

Rosa said...

mbak, kalo misalnya cuma untuk liburan, apa juga harus daftar ke kantor pajak dulu buat beli kartu telepon sana?

iis - safiye said...

Hallo Rosa... Kalau untuk sekedar liburan, kita bisa beli langsung kartu telephone tinggal datang langsung ke kantor operatornya mau apa trus bilang mau beli nomor lalu tunjukkan passpor dan bayar (biasanya pulsa bayar terpisah).

Hanya untuk handhphoone saja (yang kita bawa dari indo/luar turki) bisa kita gunakan hanya sampai 2 minggu, kalau lebih dari itu kita harus bayar pajaknya ke kantor pajak di kota kita tinggal.

Unknown said...

assalamualaikum, salam kenal ya kak atau bu, aku panggil kakak saja biar lebih akrab. aku Hadidjah, sangat bahagia sekali menemukan blog anda, aku sangat menyukai Turki sejak 3 tahun yang lalu, bahagia sekali kakak menikah dengan orang turki, aku sangat ingin kesana namun belum kesampean :(

PERTEKOM said...

Assalamualaikum mba. saya berterima kasih sekali krna dgn membaca tulisan pda blog mba menambah informasi untuk saya yg akhir tahun ini insya Allah akan liburan ke Turki dan akan saya lanjutkan untuk umroh. yg ingin saya tanyakan ialah, kartu seluler apakah yg sebaiknya saya pakai dalam jangka waktu kurang lebih 5hari saja di Turki..? apakah kartu tsb bisa di pakai pada iphone karena bentuk kartu pda iphone ialah kecil. dan apakah ada paket internet nya karena akan saya pasang di modem shg sluruh kluarga bisa berkomunikasi melalui media sosial.. terima kasih mba

PERTEKOM said...

nama saya Tami Mba

Unknown said...

Mbak mau tanya kalo kita beli hp di turki , kli di bawa ke indo masih berfungsi gak ya ?

Unknown said...

Kak,, Kalau aku mau bawa Shampo,Body lotion, dll dalam Botol Besar diizinkan masuk kah ke Turki...?? Insya Allah 3bln lagi aku ke Turki,, Takut nya sudah beli Stok banyak di Indonesia, eh gak bisa masuk Turki,, Mohon Pencerahan nya Kak,, Terima Kasih (DinaR)

Unknown said...

Kak,, Kalau aku mau bawa Shampo,Body lotion, dll dalam Botol Besar diizinkan masuk kah ke Turki...?? Insya Allah 3bln lagi aku ke Turki,, Takut nya sudah beli Stok banyak di Indonesia, eh gak bisa masuk Turki,, Mohon Pencerahan nya Kak,, Terima Kasih (DinaR)

Unknown said...

Assalamualaikum mau tanya kalo ke Turki bawa lontong.. nasi sama semur gitu boleh ga..