Thursday 3 October 2013

Resiko menikah dengan orang Turki (edisi Shock Culture)

Setiap orang yang ingin memutuskan untuk menikah, sudah pasti yang terbayang adalah indahnya menjadi pengantin baru. Ada rasa bahagia, tegang sekaligus deg-deg-an… nano nano lah pasti rasanya, apalagi kalau calonnya orang asing atau kata orang suka di sebut “bule”. Baik pihak laki-laki atau perempuannya sudah membayangkan dan merencanakan bagaimana kehidupan baru kelak yang akan di jalani ketika keduanya menyandang status baru menjadi sepasang suami istri. Dapat di bayangkan juga rasa bahagia keluarga dari kedua belah pihak, ucapan selamat berbahagia dan selamat menempuh hidup baru akan berdatangan silih berganti dari berbagai penjuru untuk menyalami.

Eiitttt… selain membayangkan yang indah-indah, pihak laki-laki atau pihak perempuannya juga harus mempersiapkan diri untuk membayangkan kenyataan lain seperti apa dan bagaimana hidup yang akan di jalani nanti bersama suami orang asing dan dengan lingkungan yang asing pula. Akan ada banyak rutinitas baru, kegiatan baru, tugas baru, dan kebiasaan baru sebagai seorang istri dan sebagai seorang suami untuk bisa beradaptasi, kerjasama, saling melengkapi dan mendampingi satu sama lain untuk menjalani kehidupan berumah tangga.

Khususnya bagi yang akan menikah dengan orang asing, betul-betul harus di pertimbangkan lagi matang-matang dalam mengambil keputusannya kelak untuk bersanding dengan si “dia”. Karena ke depan pasti akan ada banyak perbedaan entah itu dalam hal bahasa, karakter, makanan, budaya, adat dan kebiasaan yang lainnya. Setiap dua manusia bersatu dalam sebuah ikatan pernikahan apalagi beda negara, artinya disitu ada dua negara, dua karater, dua kultur, dua bahasa yang berbeda satu dengan yang lain. Jadi selain persiapan teknis seperti persyaratan pernikahan, persiapan resepsi pernikahan dan yang lainnya, ada hal lain yang jauh lebih penting bagi pasangan yang ingin memutuskan untuk menikah dengan orang asing, yaitu persiapan mental ketika harus tinggal bersama suami dan survive di negara orang.

Topik ini cukup penting untuk di share dan baca oleh orang-orang yang sedang menjalin hubungan dengan orang luar (khususnya orang Turki) supaya dapat di pikirkan keputusannya secara matang bagaimana kehidupannya nanti kelak setelah menikah. Ketika kalimat ijab kabul akan diucapkan dan ikatan pernikahan akan di syahkan, mental masing-masing sudah siap untuk struggle hidup bersama membangun rumah tangga yang harmonis dan bahagia.


Sebetulnya tinggal di luar negeri itu tidak sekeren, seindah atau senyaman yang dibayangkan. Memang terlihat banyak keindahan, tempatnya rapih, bersih, cantik atau banyak tempat bersejarah yang bisa di petik hikmahnya sekaligus bisa jalan-jalan ke luar negeri. Tapi ternyata kenyataanya tidak seindah itu, akan ada banyak tantangan yang harus dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu tantangan yang nanti akan di hadapi itu adalah "Culture Shock" atau geger budaya. Shock culture itu biasanya di hadapi oleh orang-orang yang menghadapi transisi perpindahan lingkungan dari satu negara ke negara lain. Dari segi mana sajakah itu??? saya akan coba kupas satu persatu.

1.      Perbedaan bahasa, karakter dan kebiasaan suami istri
            Untuk perbedaan bahasa biasanya bisa di tengahi dengan bahasa internasional yang sudah di akui secara umum yaitu bahasa inggris. Tapi adakalanya ketika terjadi sebuah masalah atau sebuah salah paham antara suami istri atau dengan pihak keluarga suami, kadang-kadang agak susah untuk memberikan sebuah pengertian atau memahamkan satu sama lain. Karena hampir rata-rata orang turki jarang yang bahasa inggrisnya bagus. Jadi terkadang otak kita harus bekerja dua kali lipat karena kita harus menterjemahkan terlebih dahulu kalimat demi kalimat yang akan di utarakan ke pasangan kita. Jadi bayangkan saja, ketika situasi panas “pertengkaran” terjadi dan satu sama lain pegang kamus dan harus nerjemahin dulu, itu bisa saja terjadi loh! Jadi bahasa betul-betul memegang peranan penting dalam berkomunikasi dan juga menjadi kebutuhan untuk bisa saling memahami, saling mengerti dalam mengutarakan maksud atau keinginan dan juga isi hati. Jadi kita harus siap dengan segala kemungkinan dan kendala perbedaan bahasa dalam kehidupan kita nantinya.

            Perbedaan karakter akan selalu ada bagi setiap pasangan pengantin baru. Entah itu pengantin dari satu negara, satu kota, satu etnis atau lintas etnis… apalagi ini lintas negara. Setiap manusia memiliki karakter bawaan dan kebiasaannya masing-masing. Yang terpenting adalah bagaimana cara menyikapi perbedaan tersebut untuk bisa saling mengerti dan memberikan toleransi satu sama lain. Intinya semua pihak harus bisa kompromi secara terbuka, adil dan bijaksana.

            Misalnya: sang istri karakternya tipikal orang asia yang lemah lembut, sopan dan selalu ‘legowo’ menerima apa adanya, tapi sebaliknya sang suami tipikal turki yang keras, blak-blakan, pemaksa dan besar kemauan. Di antara semua perbedaan tersebut ada satu persamaan yang bisa menyatukan semuanya itu yaitu dengan cinta dan kasih sayang. Karena tipikal orang turki mayoritas romantis, penuh dengan rasa cinta dan kasih sayang. Jadi kita harus siap juga untuk menghadapi perbedaan karakter seperti ini dan bisa kompromi satu sama lain. Puncaknya kalau perbedaan ini ternyata tidak bisa di pertemukan berarti kita harus bisa bersikap toleransi dengan membiarkan perbedaan tersebut dan tidak merugikan satu sama lain.

            Atau contoh kecil lain misalnya: si istri orang Indonesia biasa makan dengan tangan, sedangkan bagi suami orang turki kebiasaan mereka makan dengan garpu, kalau makan dengan tangan terlihat menjıjıkkan dan kurang sopan apalagi untuk makan bersama dengan keluarga. Perbedaan ini tinggal di diskusikan solusinya tanpa mengintimidasi satu sama lain, maksudnya si istri bisa makan dengan tangan kalau di rumah sendiri atau hanya berdua dengan suami. Tapi ketika makan bersama dengan keluarga atau ke rumah orang lain harus pakai sendok dan garpu.

2.      Perbedaan cuaca dan lingkungan
            Cuaca di Turki ada 4 (empat) musim sama seperti di eropa dari mulai musim panas (summer) sekitar bulan Juni sampai Agustus, musim gugur (auntumn) sekitar bulan September sampai November, musim dingin (winter) sekitar bulan Desember sampai bulan Februari, dan musim semi (spring) dari mulai bulan Maret sampai Mei. Setiap musim memiliki suhu yang berbeda, bahkan ketika transisi dari musim satu ke musim yang lainnya kondisi suhu cuaca terkadang berubah drastis dari panas ke dingin atau dari dingin ke panas. Kadang cuaca berangin yang bisa membuat orang pusing, terkadang cuaca lembab panas tak karuan yang membuat orang pengen nyebur ke laut saat itu juga.

            Jadi dalam menghadapi perubahan cuaca seperti ini juga akan berpengaruh ke kesehatan badan, kesehatan kulit, kostum pakaian dan juga stok makanan dan sayuran yang tersedia. Karena di di musim dingin harga sayuran dan buah-buahan pasti akan naik dua kali lipat dari harga biasa. Tapi terkadang ketika musim dingin, buah jeruk jenis sunkis justru banyak di pasar dengan harga murah, kadang 1 TL perkilo (sekitar 5000 rupiah).

            Untuk pakaianpun dalam setahun kayaknya harus punya lebih banyak baju panjang, karena musim panas hanya 3 bulan, sisanya pasti dingin dan puncaknya pas winter dengan baju bertebal dan berlapis dengan sweater dan juga jaket/mantel bulu tentunya. Bagi perempuan, cuaca winter akan jadi musuh untuk kesehatan kulit karena akan membuat kulit jadi kering, jadi harus siap sedia krem pelembab atau semacam jenis vaselin agar kulit tidak kering.

            Intinya setiap perpindahan musim, baju pasti akan selalu di pack dan masuk laci gudang barang. Biasanya setiap musim dingin lewat, mantel atau jaket tebal di simpan atau di packing lagi ke lemari dan baju tangan panjang dan jaket biasa di keluarkan. Bisa di bayangkan repotnya dalam mengatur per-kostuman dan bongkar pasang lemari setiap pergantian musim kan.

3.      Perbedaan generasi antara mertua dan menantu (or just say miss-communication across generation)
            Hampir rata-rata kehidupan pernikahan suami istri selalu akan ada tantangan tersendiri dengan adanya kehadiran mertua di tengah rumah tangga pengantin baru. Dan ternyata hal ini menjadi salah satu faktor terbanyak “kericuhan” dalam rumah tangga anaknya. Apalagi ketika  pasangan tersebut harus di hadapkan dengan pilihan serumah dengan mertua, bisa di bayangkan ga nantinya akan seperti apa. Sebetulnya ada nilai positif dan negatif ketika harus tinggal satu atap dengan orang tua suami alias mertua.

            Positifnya jadi bisa belajar memasak makanan turki, belajar cara membersihkan rumah dari mulai ruang tamu, dapur, kamar dan toilet. Believe me, cara membersihkan rumah orang turki sangat detail sampe ke gagang pintu dan pintunya pun di lap bersih bolak balik hingga ke tiap sela-sela lampu hias yang ada di rumah. Wanita turki cukup bersih, rapih dan tertata banget kalau untuk urusan kebersihan dan kerapihan rumah. Bahkan kita bisa belajar bahasa dan adat istiadatnya juga sekaligus kalau serumah dengan mereka. Karena mertua adalah salah satu contoh terdekat untuk kita bisa belajar bersosialisasi dengan orang turki.

            Negatifnya, biasanya banyak yang ikut campur tangan dan ngatur dalam setiap hal urusan rumah tangga pengantin baru. Tapi tergantung orangnya juga, ada mertua yang cukup fleksibel dengan memberikan keluasan dalam segala keputusan rumah tangga anaknya. Tapi ada juga yang campur tangannya “extraordinary”, karena mungkin masih merasa mengasuh anaknya yang masih “kecil”. Dari mulai urusan rumah, rutinitas masing-masing dan sampai urusan pertengkaran antara pengantinnya itu sendiri. Apalagi kalau sudah punya anak, biasanya ibu mertua pun akan ikut mengurus atau ikut mengatur segala kebutuhan si bayi dari mulai makannya, bajunya dan bahkan waktu bermainnya. Karena katanya, mertua sudah berpengalaman dalam menangani urusan rumah, tapi terkadang mereka juga lupa bahwa menantu mereka adalah seorang istri atau seorang ibu baru yang harus belajar dan harus terjun langsung ke lapangan untuk bisa praktek langsung menangani urusan rumahnya sendiri.

            Jadi kalau sudah ada keputusan untuk menikah, pastikan sang suami sudah mencari rumah sendiri sehingga tidak perlu harus serumah dengan mertua. Kalaupun ternyata bisa pisah rumah, tetap untuk menjalin silaturahmi dengan orang tua dan keluarga suami. Selain untuk membina ikatan persaudaraan dan mempererat tali silaturahmi, juga bisa menjadi media pembelajaran bagi kita untuk memahami segala sesuatu tentang kultur dan budaya keluarga di Turki.

            Tapi kalau kondisinya ternyata mengharuskan kita serumah dengan mertua, tinggal pintar menjaga sikap dan berkompromi, kuncinya tetap harus pintar juga dalam berkomunikasi. Kita juga harus ingat satu hal, bahwa suami kita di besarkan dan di urus oleh orang tuanya dan dengan gaya mereka, jadi kita perlu belajar bagaimana mengurus anak mertua kita, alias suami.

4.      Perbedaan adat istiadat dan kultur lintas negara
            Sekali lagi saya katakan kalau tinggal di luar negeri itu tidak se-keren, se-indah dan se-nyaman yang di bayangkan. Banyak sekali hal yang harus kita bisa beradaptasi dengannya, dan banyak sekali hal yang harus kita pelajari di sekitar lingkungan kita. Dimana salah satunya adalah adat istiadat dan kultur yang berlaku di negara tersebut. Entah itu adat kultur dalam bertamu, berkomunikasi, bertetangga, bersosialisasi dan yang lainnya.

            Misal adat istiadat dalam bertamu sudah saya bahas di postingan yang sebelumnya. Contoh lain misalnya adat orang turki dalam berkomunikasi, jangan kaget ketika mendapatkan 2 orang turki ngobrol satu sama lain dalam nada tinggi seperti yang sedang bertengkar, tapi ternyata itu hanya obrolan biasa yang topiknya cukup “hangat” tentang politik misalnya. Jadi nada tinggi mereka bukan bertengkar, tapi hanya sekedar diskusi. Tapi sekalinya orang turki harus bertengkar, pasti akan lebih tinggi dari pada suara yang sebelumnya, jadi just be ready aja ya kalau banyak suara nada “sopran” di sekitar kita kalau sudah berada di Turki.

            Satu lagi yang saya pelajari dari sifat kerasnya orang Turki. Ketika mereka marah, mereka akan mengeluarkan segala kemarahan mereka saat itu juga, dengan kalimatnya yang pedas dan keras serta dengan sikap mereka yang keras juga, tapi ketika marahnya selesai satu jam atau satu hari kemudan mereka akan ngobrol biasa lagi, saling bercanda atau berpelukan lagi satu sama lain. Hebat juga pengelolaan emosinya (big thumb). Beda dengan kultur orang Indonesia yang marahnya bisa di pendam atau mungkin jarang marah (karena orang indonesia kan ramah ya :D), tapi sekali marah lamanya minta ampun bahkan bisa dendam berbulan-bulan atau ujung-ujungnya bisa memutuskan tali silaturahmi. Tapi semua kembali kepada karakternya masing-masing, bisa jadi ada juga yang berbeda.


5.      Perbedaan makanan, bumbu dan lainnya
            Salah satu perjuangan lain yang harus di hadapi adalah urusan makanan. Jangan harap ada mas bakso atau mie ayam yang datang keliling ke depan rumah. Atau mengharapkan tukang gorengan dan tukang mie telor yang biasa mejeng di depan gang rumah. Semua makanan yang biasa kita tinggal panggil “mas” atau “mang”-nya, kalau di Turki kita harus bisa buat sendiri!!! Jadi kalau mau makan masakan Indonesia, buat bahannya sendiri, berjuang masak sendiri dan nikmati juga sendiri. Mau bakso?! buat sendiri, dari mulai menggilingnya dan merebusnya. Mau pempek, mau sambel atau mau rendang?! buat sendiri. Jadi harus siap dari sekarang ya kalau rindu dengan makanan itu semua harus siap berjuang sendiri. Apapun kondisinya, di Turki tidak ada rumah makan padang atau warteg langganan.

            Jadi sebelum ke Turki, pastikan membawa bumbu instant, atau bumbu lain dan bahan makanan yang tidak ada di Turki. Jika sewaktu-waktu rindu makanan tersebut kita sudah siap menyingsingkan lengan baju dan tempur di dapur.

6.      Perbedaan sistem sosial masyarakat, kepemerintahan dan politik
            Untuk sistem kemasyarakata di Turki, mulai dari pendataan sipil dan kependudukan cukup terdata dengan rapi dan canggih. Setiap orang Turki pasti memiliki KTP atau dalam bahasa turkinya disebut “KIMLIK”, dan masing-masing orang memiliki nomor kimliknya masing-masing, termasuk bayi yang baru lahir. Jadi tidak mungkin akan terjadi penggandaan data atau double kimlik karena data base kependudukan tersusun secara sentral dan bisa di lihat secara online di belahan kota manapun di seluruh turki. Jadi misal ketika ada warga turki yang menikah di luar negeri, misal di indonesia maka dia harus lapor diri ke kedutaan turki sehingga data dia bisa langsung di rubah statusnya menjadi menikah.

            Untuk kepemerintahan juga sejauh yang saya perhatikan secara general cukup disiplin dan bagus cara kerjanya, termasuk birokrasinya juga cukup simple dan mudah sehingga step by stepnya bisa di lakukan oleh setiap orang bahkan dari desa sekalipun. Misal untuk urusan KTP, passport, asuransi dan lainnya. Untuk mengajukan kimlik/ktp saja hanya membutuhkan 15 menit tunggu langsung jadi. Passport pun kalau tidak salah hanya menunggu sekitar 3-7 hari setelah pengajuan di tempat asalnya, dan passportnya di kirim langsung dari kantor pusat di Ankara lewat paket pos. Pokoknya masalah pelayanan pemerintah layak di acungkan jempol deh. Asal kita tahu aturan dan persyaratannya sudah cukup.

            Untuk fasilitas umum seperti taman bermain untuk anak-anak, fasilitas alat olahraga, lapangan bola basket atau lapangan skateboard tidak kalah keren seperti yang sering kita temukan di komplek atau di mall-mall. Sebetulnya semua fasilitas ini juga sangat masuk akal karena pajaknya yang tinggi, entah itu pajak listrik, air, gas, barang-barang elektronik dan pajak yang lainnya. Tapi pengelolaan pajaknya terlihat jelas dan di rasakan oleh masyarakat itu sendiri. Bahkan untuk kesehatan juga ada jaminan asuransi khusus bagi masyarakat yang tidak bekerja alias pengangguran.

            Untuk tatanan masyarakatnya rata-rata orang Turki tinggal di gedung apartemen, sangat jarang orang turki tinggal di rumah seperti gaya perumahan orang Indonesia. Kalau di kita perumahan sangat banyak, dan apartemen sekarang baru menjadi trend. Kalau di Turki rata-rata orang tinggal di gedung apartemen, adapun komplek perumahan satu lantai seperti di kita biasanya hanya untuk orang elit atau yang berada. Ada juga yang punya rumah sendiri di tanah sendiri biasanya orang-orang yang tinggal di desa-desa.

            Untuk masalah politik, kalau di lihat dari jauh seperti simple tapi kalau di lihat dari dekat lagi sebetulnya cukup kompleks. Secara garis besar politik di Turki ada beberapa kubu, dari mulai garis sekuler yang di wakili parti CHP partainya orang sekuler, garis islam yang di wakili dengan partai AKP partainya PM Turki Recep Tayyip Erdogan, garis islam nasionalis dengan partai MHP yang katanya mewakili untuk prinsip kebangsaan dan keislaman di satukan menjadi satu. Jadi kalau mau melihat cara pandang politik pasangan kita, coba tanya pendukung partai apa si doi. Tapi yang namanya politik tetap politik, setiap orang bisa saja berubah dan berbeda dengan prinsip aslinya.

            Mudah-mudahan poin-poin di atas bisa cukup memberikan gambaran secara general tentang perbedaan dan tantangan yang akan di hadapi nanti ketika hidup di Turki. Jika ada kesalahan atau kekurangan mohon di kasih tahu aja di komen atau send email langsung juga boleh. After all, saya hanya berdoa bagi siapapun yang sekarang sedang di landa kebingungan atau kegalauan dalam mengambil keputusan, semoga Allah/Tuhan memberikan pilihan dan jawaban yang terbaik bagi mereka. Aamiin

Wallahu alam bishawwab



98 comments:

Mrs. Purple said...

Kak ... aku numpang nanya ya ... aku lagi deket sama cowo turki tapi bingung soalnya dia kayak cuma php doank ... apa memang mereka seperti itu kak???

iis - safiye said...

@Mrs. Purple: PHP tuh apa artinhya ya... waduh maaf saya ketinggalan kereta nih, ga hapal bahasa gaul hehehe :D

Unknown said...

iya bener... mengenai gampang marah, tapi gampang baik juga. terima kasih infonya..

Unknown said...

bisa kasihbalamt email g mba? saya mau merit ama pria turki nih,,, lg dilanda stres... pliss cepet respon yah,, thx..

Unknown said...

Hallo mbak, blognya bagus bgt deh :) aku mau sharing nih hehe. Blm lama aku ketemu dan kenalan dgn pria turki. Kita juga tukeran nomer hape dabmn berlanjut di sms. Tapi waktu dia sms aku tiba2 dia langsung manggil sayang,lalu bilang i love you dan kata2 romantis lainya. Mungkin utk org indonesia hal sperti itu agak aneh ya baru kenalan langsung blg sayang. Lalu dia juga mengajak saya utk datang ke apartemen nya di kalibata. Dia terus mengajak jadi terkesan memaksa. Saya jadi agaj risih dan merasa takut jika datang ke apartemen nya nanti terjadi hal yang tdk diinginkan mengingat saya baru aaja mengenalnya. Yg ingin saya tnyakan adalah apakah semua laki2 turki seperti itu ya baru kenal langsung bilang sayang dan ngajak ketemu di apartemen pula? Dan menurut mbak apa saya harus menolak undangan laki2 turki itu? Dan kalo blh kebiasaan laki2 memperlakukan perempuan itu seperti apa ya mbak? Mohob dijawab ya :) terimakasih.

Unknown said...

Mbak2 semua invite saya ya mau ngobrol. 7D144054

Anonymous said...
This comment has been removed by the author.
Fadila Safitri said...

Yes bener bgt and I feel it. Jadi saking bingung nya aku tanya temen aku yg pernah ke Turki. Dan dia blg kalo cowo Turki itu agak beda. Karna waktu dia jalan disana cowo turki punya kebiasaan kedip mata ke cewe yg dirasa menarik bagi dia. Dan temen aku termasuk yg di wink gt... jadi bingung nih hehe si doi serius nggak ya:)) apa emg itu hanya habits nya Turkish guy? Well...

Anonymous said...

Bener sekali kakak. Apa yang kakak bilang gampang marah and gampang baik lagi. Seprti yg saya rasakan sekarang. :) sama seperti habibi, kak :)

Anonymous said...

Bener banget... aku lagi di hantui pria turki. Sebenarnya aku udsh punya pacar sih. Tapi si turki ini romantis banget.... penuh kasih sayang. Sementara yg lokal mau nya dimanja... bingung ekeq cin.. kayaknya cowok turki emang romantis de

Unknown said...

Hehhehe....menarik obrolannya
saya barusan menikah dg pria turky..mmg romantik mereka, kebetulan suami saya orgnya sabar dan baik...cuma kerena kebaikannya ternyta sering di manfaatkan sodara2nya..jd mereka kontrol semua apa2 yg saya minta..
laaah ortunya malah cuek aja..baikk mertua saya.
alhamdulillah krn saya akan tinggal di germany jd jauh dr sodara suami ..yg menurut saya selalu awasi apa yg saya minta...hehheeh padahal mereka selalu dan selalu minta

nyssawey said...

Masya Allah... pertama kali baca blog ini pas artikel ini dan pas banget!! langsung deh saya ubek2 blog ini dan baca yg lainnya :)

very helping :)
tesekkur ederim :)

apa boleh minta kontaknya mbak buat tanya2 langsung??

Unknown said...

Mba, aku juga lagi deket sama cowo turki nih, Boleh minta contactnya langsung ga? Mau tanya2 dan curhat juga, please ASAP ya, Tesekkur ederim, ben bekleyim

Unknown said...

Kerenn kapan bisa ke turki ya

Anonymous said...

ya Allah.... çok şükür....nemu artikel ini....
saya juga lagi galau karena pria Turki....
mmg bener mereka romantis sekali. dan bener banget...keluarga dia bener2 dilibatkan..belum apa2 saya udah dikenalin ke bapaknya...ibunya...adik2nya....
dan memang kami berencana menikah tahun ini. ngga semua pria Turki buruk....tapi juga harap diingat...culture shock memang berlaku pastinya...
intinya, kalau iman mereka kuat..perlakuan mereka ke kita Inşallah akan baik. mereka yang hormat sama Anne nya pasti bakal sayang banget sama kita..
semua perbedaan bisa kita taklukkan selama kita saling mencintai dengan tulus.
:)

victoria said...

Boleh minta kontaknya mba,,,sy lg deket ama cowok turki jg,,sy mau tanya langsung

Unknown said...

Mba minta kontak nya juga donk yang disini yang sudah menikah atau lagi dekat dengan laki2 turky sharing aku mau tau info banyak ttg mereka sekarang aku juga lagi dekat dengan laki2 turky ni I'D kakatalk aku liyone05. Jadi kita bisa sharing

Icha Tanudimadja (princicicha) said...

Halo ka iis well you're blog so good and very helping kindly follow my blog also so we can share anything about turkey culture etc , yang saya penasaran islam di turki itu seperti apa ya? Saya ingin me survey karena saat ini saya sedang didekati oleh expatriate made in Istanbul tetapi living in malaysia dan lama di UK 😊

Unknown said...

Kenal cowo turki dimana sih?? -,,,-

Lanny Arisyakti said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Sy pacaran dgn cowo turki sdh 6bulan. 4bulan kami pacaran di jakarta, lalu 2bulan kami LDR. Dia memang romantis, perhatian, manja & royal setiap kami ketemuan. Yg saya bingung selama pacaran itu, dia jarang whatsapp or bbm tiap hari. Dia lebih suka kerja dibanding harus chattingan. Di lain sisi lain sy juga punya teman cowo turki, teman saya juga lebih senang ketemu kalo ingin ngobrol dibanding harus chatting. Apakah memang tipikal cowo turki itu kurang suka chattingan atau gimana ya mbak??

Anonymous said...

Kok kebetulan bngt ya.. Sy jg lg deket ma cwo Turki..emang bnr apa yg dicrtkan mbak, cwo turki emang pemaksa, gmpng marah, posesif cemburuan dan keras pribadinya..tp ya bnr sih besoknya dh baikan lg dh nyantai chattingnya. Akhir2 ini dia sibuk dg krjaanya, dia lg ada proyek besar di neg.nya. Dia seorng kontraktor. Dia jarang WA tp tiba2 di wa klo mo dtng ke Indo th dpn antara bln Jan - Feb' 16. Insha Allah kami bs saling ketemuan. Yaa..semua butuh proses. Manusia berencana tp Tuhan jg yg Maha Tahu.

Nyitnyit said...

Aku jg lg dkt sm cwo turki nih he alwys call me "yavrum" katanya itu pnggilan syang.. usianya jauh dbwah aku tp ckup dewasa dan dia bhsa inggrisnya bgus.. krn trnyata he is a english teacher di negaranya..
Yg jd masalah adalh mungkinkah qt bs lbh serius sdngkan trlalu bnyk perbedaan..

Thanks blog nya ckup mmbntu

Nyitnyit said...

Aku jg lg dkt sm cwo turki nih he alwys call me "yavrum" katanya itu pnggilan syang.. usianya jauh dbwah aku tp ckup dewasa dan dia bhsa inggrisnya bgus.. krn trnyata he is a english teacher di negaranya..
Yg jd masalah adalh mungkinkah qt bs lbh serius sdngkan trlalu bnyk perbedaan..

Thanks blog nya ckup mmbntu

ARIES GAJAHPANDAWA said...

klo pengen cari wanita muslim luar negeri bagaimana ya ?

Anonymous said...

Alamat email apa ahmet bisa japri kah

iis - safiye said...

Hai guys... thank you for steping by read and visit my blog. Maaf ya teman-teman saya jarang update blog nya karena kesibukan di rumah dengan mengurus dua anak dan anaknya mertua :D. Kalau memang ada yang mau di tanyakan just please send me email to: iis.suhartini@gmail.com.

And please don't add me at fb. Maaf ya jangan tersinggung, karena fb saya jadi terlalu banyak teman yang enggak terlalu di kenal. Just to take care my privacy. Terima kasih banyak sebelumnya atas atensi dan pengertian kalian semua :)

In sha Allah dalam waktu dekat saya akan kembali menulis lagi di blog saya dengan topik yang sempat tertunda... Hopely :). Have a nice day guys. Warm regards from izmir ^_^

Unknown said...

Hi..aku jg mau share aku udh org lebih kenal cowok turkey hampir 2th,dan unfortunately dia masih kuliah trs belakangan ini lg di sibukin sm final examnya dan dia hampir dibilang jarang ngetext duluan kalo saya gak chat dia. Alasannya sih sibuk. Apa emang tipikalnya begitu?

Anonymous said...

iya bener banget orang turki jarang ada bisa bahasa inggris bagus, suka pusing saya kalo ngobrol ama mereka. gimana mau berumah tangga :(

Unknown said...

Maaf.. yang lain sedang dekat dengan pria Turki. Saya sedang dekat pria mesir..ya tanggal 20 febuari 2016 ini janjinya mau datang menemui saya karena selama 6 bulan kenal kami belum pernah jumpa cuma melalui fb saja. Dan sekarang sy dilanda galau. Pria mesir tsb meminta saya masuk islam krn agama sy kristen. Benar2 galau

Unknown said...

Iya benar mereka menggunakam broken english.

Unknown said...

Saya juga lg deket dgn pria turkey malah baru 3 hr kenalan udah ngomongin soal nikah hahaha.
Nice blog bgt mbak. Mereka kalo suka ya lgsng bilang suka. Ga pake modus. Tapi juga rasanya pria turkey itu bukan typical cwok yg terlalu romantis, but he treats me right gitu lho mbak hehehe.
Dan dia bilang kalo ntar udh nikah tinggalnya di turkey aja, soalnya dia guru matematika. Dan aku malah disuruh jaga anak aja.
Yaampun udh jauh bgt pemikitan cwok turki hahaha.

Unknown said...

Assalam mbak. Saya lg deket sama cewe turki. Katanya 2017 doi mau pergi ke indonesia. Saya masi bingung apa yg mau dpersiapkan. Sedang bahasa inggris dia nya jg masi susah dlm pmbicaraannya. Masa pas ketemu2 doi nulis2 dikertas aja ? Haha

Unknown said...

Assalam mbak. Saya lg deket sama cewe turki. Katanya 2017 doi mau pergi ke indonesia. Saya masi bingung apa yg mau dpersiapkan. Sedang bahasa inggris dia nya jg masi susah dlm pmbicaraannya. Masa pas ketemu2 doi nulis2 dikertas aja ? Haha

Unknown said...

Terimaksih banyak mbak . blog mba bikin saya mngerti banget dan nambah pngtahuan . kbtulan saya lagi di landa galau banget gegana ( gelisah,galau,merana) gitu deh hehe . semenjak november 2015 smpai skrg januari 2016 bru kenal dngan orang turki sktar 2bulanan kan yah . tp knpa dri awal dia sdah bilng i love you dan panggil2 sayang . ya saya trtarik jg krna dia menghibur aju banget stiap videocall . dan dia langsung aja kenalin aku ke orangtua dan kk nya melalui videocall alhamduilah kluarganya sangat ramah . dan dia juga udah prnah videocall dengan ibu saya . yg bikin saya gegana itu akhir2 ini dia pembicaraan nya ckup serius . bulan juni nanti dia mau mengirim saya uang yg kata di sya harus beli cincin untuk kita. Apa bnr mba kalau bgtu dia udh nunjukin keseriusan nya ? Bahkan dia juga udah bilang ingin menikah dngan sya 2th kdepan krna saya dan dia masih kuliah . dia juga dri skrg mengumpulkan uang . duh mba aku gegana bnget. Klo dia serius mau menikah dngn aku . aku hrus gmna ? Bhsanya pun stiap chat sya translate . krna bhsa inggris dia bad bangettt ... Apa yg hrs aku lakuin mba dlm menghadapi keseriusan dia ? Tlng bls ya mba . saya bsa minta kontak mba untk sharring dan ingin tau budaya turki

Unknown said...

Q sering vid call wid turkish guy lewat wechat. N i think turkish guy is maniax sex :D

Anonymous said...

hallo mba semua, yuk buat sharing cowo turki bisa add line sy, id: ninaenhabil

Unknown said...

Assalamualaikum ukthi..

wah seru ya pembahasannya, saya juga punya teman orang turki, ada yang wanita dan ada yg laki2, honestly mereka emang kindly banget sama orang indonesia.. berawal kenal di facebook anak gadis yg 3 tahun lebih muda dari saya, eh setelahnya satu keluarganya nge-add saya, mulai dr fb, twitter sampai instagram :D mashallah ramah bgt deh mereka
bahkan sesekali kami saling curhat, but you know girls talk? yes about the boys *lol
well, over all turkish people are kind :)

eh tapi disini ada yg punya hubungan dengan pria mesir? atau bahkan sudah bersuami? butuh referensi karna skrg saya sedang menjalin hubungan yg inshallah serius.

please contact me intan.globe74@gmail.com
thanks before ^^

Unknown said...

Aq kenal cwok turkey lwt dating site cakep but pemarah n maniac sex. Untuk mb intan egytian guy yg aq kenal rata2 looking for second marriage.

Unknown said...

Sifatnya yg keras..saat marah tdk mampu mengendalikan diri kata kata kotor..makian bahkan kekerasan..itu semua hal biasa bagi mereka

Unknown said...

Sifatnya yg keras..saat marah tdk mampu mengendalikan diri kata kata kotor..makian bahkan kekerasan..itu semua hal biasa bagi mereka

Unknown said...

Aku nikah dgn orang turki sdh 10 thn dan kami tinggal diistanbul satu apartemen dgn keluarga suami.alhamdılillah mertua sodara pihak suami sayang aku dan anak anakku.aku cuma ingin sedikit menambahkan apa yg sdh di ceritakan diatas..orang turki romantis macho..semua sisi baiknya klo menimpa kita Alhamdulillah...tp jgn lupa sifat keras..saat marah..mereka tdk bs mengendalikan diri..kata kata kasar..hinaan..bahkan kekerasan rumah tangga..seakan biasa bagi mereka..nauudzubillah.

Rianti said...

menarik sekali artikel ini dan ternyata ditulis okt2013 dimana belum heboh budaya turki yg ditampilkan stasiun televisi indonesia awal 2015

Unknown said...

menarik banget mba...
saya juga lagi pacaran dengan orang turki pertama sih syok sebab tiba-tiba dia sudah ngomong mesra gitu dan ngajak menikah (Awesome haha).. entahlah saya juga bingung itu beneran apa gak haha tapi sumpah ya mereka berbeda dengan para pria yang aku kenal (ups maaf ya) bahkan terkadang mereka suka ngilang gak ada kabar apa mereka memang begitu..
para mba-mba yang disni mungkin yang sudah menikah dengan warga turki disana bisa sharing soalnya terkadang saya bingung harus ngadepin mereka bagaimana ternyata secueknya saya lebih cuek mereka..
ini id line saya : tiasnurvi, sekedar untuk saling berbagi, mohon bantuannya makasih :)

Unknown said...

bener bgt 100% sy jga lagi deket sama org turki baru chatting beberapa hari udh ngajakin nikah. orangnya romatis banget dan posesive juga. saking posesivenya kami chat setiap saat dari pagi smpe pagi lagi sampe sy kurang tidur -_- gara2 dia chat saya terus. habis kalau ga di bales dia suka marah xD dan insa alloh habis idul adha tahun ini dia akan melamar sy. amin.. apabila jodoh mudah2n ini yang terbaik

Unknown said...

Kka.. Blok nya bner banget.. Alhamdulillah aku juga berencana menikah dengan orang Turkey.. Orang Turkey itu memang romantis, marah hanya sesaat dan tegas pula..

Unknown said...

Kka.. Blok nya bner banget.. Alhamdulillah aku juga berencana menikah dengan orang Turkey.. Orang Turkey itu memang romantis, marah hanya sesaat dan tegas pula..

me said...

kalo marah sampe maen fisik ga tuh ya? aku juga di aja serius sama org turki tp masih mikir2 lagi karna ga mau ninggalin org tya di indo

Alina said...

Salam kenal mbk....boleh minta saran kl mau kenal org turki yg baik gmn caranya ya?. Trimakasihh...

Unknown said...

Hallo kaka/teteh hehe saya lg deket sama pria turki, dia tinggal di istanbul. Kita kenal lewat line, yah dia bersikap baik and bla bla bla. Someday, dia kirim foto aktifitas dia disana dan minta aku kirim juga, yowes aku kirim. Eh setelah itu dia langsung bilang "marry me". Aku pikir becanda doang kan teh, dia bilang mau ke indonesia setelah selesaikan urusannya di prancis. Dia bahkan kenalin aku ke ibu, saudara, dan bahkan anak2 dari pamannya. Dia baru 24 tahun, kerja sbg civil enginer. Skrg aku jd bingung, iya emg seneng komunikasi sama dia. Yaudah aku tanya "kamu shalat 5 kali sehari? And apakah kamu bisa baca alquran?" Dia bilang "apakah kamu mau mengajari saya?". Dan bahkan skrg dia kursus belajar bahasa inggris supaya bisa lebih lancar komunikasi. Menurut teteh aku harus gimana?

Unknown said...

Boleh aku minta kontak teteh? 😊 hehe

Zahid Hamidi said...

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...






Unknown said...

Merhaba, mbak boleh minta id line nya? Saya juga mau ngobrol, id saya sdrsusan

Anonymous said...

Ada kontak lain ga selain kakatalk.. Line ID ada?

Anonymous said...

Kok ID line nya ga ada account nya sih???

Anonymous said...

Kak bisa email saya, mau sharing juga. Saya diajak nikah sama pria turkey. Novitamazzami@gmail.com

Anonymous said...

Trus klo videocall itu ngobrolnya pake bahasa apa?

Unknown said...

Saya juga sedang dekat dengan pria turki, berkenalan lewat linkedin. Dia baik, romantis, suka marah kalau saya gak mau video call sama dia..
Padahal baru berkenalan beberapa hari, dia sudah membicarakan tentang menikah. Kendalanya ada pada saya yg belun lancar berbahasa inggris..

Apa yg harus saya lakukan? Takut kalau menikah nnti sering terjadi kesalahpahaman

Unknown said...

Mbak boleh minta emailnya?? Saya lagi pacaran nech sm orang turki. Baru pacaran 5hari udah ngajakin nikah. Nah belum ada 1 bln pacaran udah dikenalin sm ortu dan keluarganya. Aku mau tanya2 dong mbak.. Thanks

Unknown said...

Mbak boleh minta emailnya?? Saya lagi pacaran nech sm orang turki. Baru pacaran 5hari udah ngajakin nikah. Nah belum ada 1 bln pacaran udah dikenalin sm ortu dan keluarganya. Aku mau tanya2 dong mbak.. Thanks

Unknown said...

Please minta emailnya mba ...
aku akan menikah dengan pria turki 1 tahun lgi , boleh minta info lebih lanjut tentang turki

Anonymous said...

boleh saya minta contact mb?? im so interesting w ur story thx :) boleh lgsg line saya id @danilayusra karna pcr sya org turki

Malikha Amalia said...

Iya ya bener kenal berapa hari langsung manggil dear
Berarti emang kaya gitu kayaknya yaa
Tapi iya english mereka so bad aku juga bad
Jadi susahh komunikasinya
Kalo pake translate turkey indo jadinya ga nyambung ya

Unknown said...

Hahahaah lucuuuuu bangett, ternyata bukan cuma aku yg kepincut sama cowok turki, haddewh kalau dibaca2 komen2nanya jadi tambah semangat buat nge LDR😂😃😃 dari sekian banyak blog yg aku baca, blog ini yang paling meyakinkannn...tahnks verywell, mulai dari sekarang bagi yang serius atau hanya ingin mengenal saja mari kita sama2 belajara, karena kita juha tidak tau, rencana kita belum tentu sama dengan rencana Allah. So bismillah saja, semoha diberikan yang terbaik. Salam Turkylovers😘😙😍

Unknown said...

pemberi harapan palsu ka

Unknown said...

Bagus banget ini blog..
Tapi saya masih punya segudang pertanyaan seputar menikah dengan pria turki.. ada yg bisa bantu kah ??

Unknown said...

Kak boleh minta no wa
Saya lagi deket sama pria turkey baru mau 2 minggu pacaran dia udh terbuka banget
Dia cerita tentang diri dia sendiri
Dia kirimin saya foto keluarga,ktp, sim dan foto saat dia kerja dan teman2 kerjanya
Dia kerja di Auditfirma turkey
Minggu depan rencana dia mau kenalin saya dengan keluarganya
Dia tipikal pria yg tidk memaksa
Dia tidak pernah bicara kotor soal sex
Dia cenderung bertanya tentang kepribadian saya, hobi dan keluarga saya.
Dan dia sendiri bilang mau mengumpulkan uang dan janji akan datang ke indonesia
Saya cuma bingung hubungan kaya gini nyata atau engga ya ?? Haha

Anonymous said...

Mbak2 semuanya semoga Allah memperlancar urusan kita...aamiin

Anonymous said...

Mbak2 semuanya semoga Allah memperlancar urusan kita...aamiin

Unknown said...

Hai mba, salam kenal.. Kita senasip yaa hhaha, saya lelaki saya juga b inggris nya so bad, jadi bingbin kalo video call yang ada malah senyam senyum aja hihi, dan kenal 3 hari doi jg ngajakin aku nikah. So sweet bangget yah 😂😊

Unknown said...

Kalo mau sharing kita bisa tukaran no wa mb 080852766609, saya juga kadang kaya mimpi.. Doi saya malah tentara, dan dia dlm wktu dkat mau ke indonesia untuk menikahi saya katanya. Semoga jika mmng dia berjodoh dengan kita lancarkan dan dekatkan, tapi jika tidak dijauhkan. Aamiin 😇😇

Unknown said...

Ralat mb no wa nya 085276660962 😁😊😊😊☺️

Unknown said...

Saya dekat dengan cowok turki sdh hampir 3 bulan. Dia jandarma semacam pasukan khusus militer. Yuk sharing bareng.

Unknown said...

Saya juga ngalamin, saya lagi dekat dengan orang turki baru 3 hari udah kaya ngajak serius banget.Dia udah ngenalin tentang keluarga, sering send photo kalo dia lg kerja atau hangout di cafe, bener2 sweet banget orang turki. .Dia minta saya untuk tunggu dia datang ke indonesia.. Dia sangat romantis dan pemikirannya bener2 bagus bget,tapi dia terlihat cukup posesif dimana saya dan dia berkenalan lewat aplikasi azar dan dia sekarang melarang saya menggunakan azar karena dia telah dengan saya,selain itu kendala bahasa.. Dia bahasa inggrisnya kurang lancar banget, jadi dia mesti siapin translator haha kesian juga ngeliatnya kalo lagi vc.... Dia orangnya tidak pernah membahas hal yg kotor dan itu yg membuat saya yakin... Inshaallah kalo dia bener bener jodoh saya, Allah pasti akan memudahkannya..aamiin

Anonymous said...

Assalamualaikum semuanya. Ternyata banyak sekali yang ceritanya serupa dengan saya. Kenal 3 hari dari aplikasi belajar bahasa udah ngajak nikah :D Dia rencana mau ke Indonesia 2 bulan lagi. Coba bikin grup deh, biar enak kalo mau tanya2 info seputar "marry Turkish man"

Siska said...

Saya kenalan sama orang turki yang tinggal di Jerman dan sudah hampir berjalan 2 bulan. Baru hari pertama kenalan sudah cemburu dan posesif minta ampun karena saya cuekin dan mengobrol dengan pria lain. Padahal kita statusnya baru kenalan. Beberapa hari kemudian dia langsung memanggil saya baby. Seminggu kemudian kita jadian. Yang paling saya gak tahan adalah sifatnya yang keras kepala,pemarah ,pencemburu ,sangat posesif.Kalau lagi bertengkar dan marah semua bahasa kasar dan makian keluar semua.minggu pertama adalah hal yang sangat berat bagi saya karena harus mendengar kata kata kasar dan makian kalau dia lagi marah. Memang benar pria Turkey gampang marah dan gampang baikan lagi. Jadi jangan heran kita masih sakit hati karena omongannya dan dia sudah lupa apa yang dia ucapin.Kita komunikasi dengan bahasa Inggris jadi tidak terlalu ada kendala di bahasa.

Unknown said...

Kak boleh minta kontaknya? Bnyak hal yg mau aq tanya trg cowok turki. Krn skrg aq lg jalin hububgan serius dan brencana mau menikah sm cowok turki.. Mohon bantuannya. Trims..

Unknown said...

Kak aq kirim email tp email. kaka invalid.. Bisa minta kontak yg lain?? Need help here...

Unknown said...

Kalian kenalnya dari mana si

Anonymous said...

BS di FB MBK tanya2 lngs SM gelin yg tinggal d Turki. Sy jg sering chatting via mesgr dg gelin yg dah lm tinggal di sana.iyi sabahlar

Percintaan Indonesia India said...

Saya sudah jalan sama cowok turki juga udh hampir satu tahun.. tapi alhamdullillaah sejauu ini baik baik saja.. kalau mau sharing bisa ke email ku indah.kurniawati89@gmail.com

Unknown said...

sama saya juga kalo boleh tau namanya siapa mbak jangan sampe orangnya sama 😂

Anonymous said...

Hayuk bikin grup WA seputar turkish men,081 336 338 384,

Unknown said...

Satu kata pas banget neh block...boleh juga tuh ide nya bikin group WA Turkish

Rizky mayang anggraini said...

Gimana kenalnya mba? Aku jg nih. Bs minta kontak wa nya ga ya?

kegiatan PPDB di MIN 7 kabupaten tangerang said...

Saya juga lagi bingung, soal nya saya lagi deket sama cowo turki yg tinggal di jerman. Saya kenal dia lewat ometv. Belum lama kenal dia udah romantis banget dan blak blakan setiap Telfon sama chat, sampe dia download line cuma buat vc. Tapi kenapa ya dia jarang chat sama vc apa sibuk banget sama kerjaan nya ? Dan dia selalu bilang ' I Miss I' I love u ' panggil baby juga itu beneran ga sih takut nya modus doang hehe terus dia nyuruh saya ke jerman dan bakal kirim uang buat kesana lewat western union tapi saya bilang saya takut kesana karna di rumah dia cuma kita berdua, dia bilang itu rumah yg bakal kita tinggalin setelah nikah nanti karna dia kerja di jerman jadi marketing iPhone dan kelurga nya di turki. Bulan mei nanti dia mau ke indonesia ketemu saya tapi saya belum yakin bener atau engga nya. Butuh pencerahan please huhu dan satu lagi kita komunikasi pake English tapi emang English language nya itu kurang banget sampe ga ngerti maksud dia apa wkwk saya pikir dia aja yg kurang bagus English language nya ternyata pengalaman mba mba di sini sama cowo turki nya juga gitu ya :D
Bisa sharing yg udah punya pengalaman ke id line saya karna saya butuh pencerahan sama hubungan ini huhu
Id line: lluluannisaa

Unknown said...

Baca komenan kakak semuanya, sepertinya saya butuh pencerahan dari kalian yg lbih dlu mengalami.

Anonymous said...

Mba lagi deket sama pria Turki juga? Ayo sharing xd

Unknown said...

Degdeg ser sekali liat semua komentar dari atas sampe bawahhhh 😂 saya juga deket sama cowo Turki. Emang bener dah mereka emosian orangnya, keras kepala tapi cepet baiknya. Kalo udah baik dia yang bakal minta maaf, ngirim foto bunga dll.

Daily in my life said...

Aku mengenal beberapa pria turki dan aku tidak bisa mengatakan bahwa pria turki Ini itu..karena tiap karakter orang itu beda2 meski sama2 orang turki., tergantung masing2 personalitynya,,tapi secara umum mereka mmg suka blak2an atau ngomong secara terbuka.

Titavanli said...

Aq lg deket sama pria turki..bilangnya januari mau dtng ke indo..pengen nanya detail ada yg bs bantu aq ga

Xaviera said...

Ayo dong yang punya grup WhatsApp tentang Turkish men.. add aku yah. Aku tertarik sama org Turki.

Anonymous said...

ciee banyak bgt turkish hunter dimarih..vay be

nur khasanah said...

Uang gaib halal kah?

Maharani Dyah AS said...

Aku juga lg deket sama orang Turki nih. Dia langsung manggil baby aja wkwkwk. Yang aku rasain nyambung sih dan aku kek beneran suka sama dia. Tapi yang aku takutin dia dari instagramnya kelihatan orang kaya dan modis banget sedangkan aku yaa kalah lah. Meskipun udah sering vc dan saling send foto tapi kaya minder aja gitu. Apa mereka beneran mau menerima kita apa adanya?

Alya Raihani said...

Kekasih saya juga orang Turki mbk dia itu kelewat romantis setiap hari selalu mengucapkan kata cinta kepada saya,dan saran saya perbanyak perhatian ke dia

Emmm said...

Mba aku sudah menikah dan punya 1 anak. Tapi sekarang terpesona sama Turkish man😔 .
Yang mau aku tanyakan apakah disana tabun jika menikahi single mom?